Menguasai Permainan Capsa Banting

Bagi anda yang belum mengerti bagaimana memainkannya, maka ini adalah pemaparan yang mungkin akan mencerahkan ketidaktahuan dan kebingungan anda. Anda pasti sudah mengetahui bahwa Kartu capsa memiliki jumlah 52 kartu. Permainan capsa dapat dimainkan bersama dengan 4 orang pemain sehingga 1 orang mendapatkan 13 kartu. Pemain yang berhak main pertama kali adalah pemain yang punya kartu paling kecil. Dimana pada permainan capsa kartu yang mempunyai nilai paling kecil yaitu 3 wajik. Ketika bermain kartu dapat dikeluarkan dengan 1 kartu maupun  dengan cara mengkombinasi kartu. Pemenang dalam permainan ini adalah pemain yg telah habis kartunya atau tidak memiliki kartu yang tersisa ditangannya. Permainan ini dapat dimainkan dengan cara mengeluarkan satu kartu, dua kartu, tiga kartu maupun kombinasi 5 kartu. Adapun penjelasan lebih lanjut mengenai satu kartu, dua kartu, tiga kartu dan kombinasi lima kartu adalah sebagai berikut :

  1. Aturan satu kartu. Pada permainan capsa menggunakan aturan satu kartu, kartu yang mempunyai nilai terendah adalah kartu 3 sedangkan kartu yang memliki nilai tertinggi adalah kartu 2. Adapun urutan nilai kartu dari yang ke rendah hingga yang paling tinggi adalah 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, as, king, queen, jack, dan 2.
  • Aturan 2 kartu atau pair. Hal ini berbeda dengan aturan permainan pada 1 kartu karena pada permainan 2 kartu ini nilai terendah justru pada kartu 2 dan nilai tertinggi adalah kartu as.
  • Aturan 3 kartu atau threes. Aturan permainan 3 kartu yaitu sama dengan aturan permainan satu kartu maupun dua kartu. Pemenang dalam aturan 3 kartu adalah yang memiliki nilai tertinggi. Dimana urutan nilai tertinggi aturan tiga kartu sama dengan urutan aturan dua kartu.
  • Aturan 5 kartu dimana pemenang merupakan pemain yang memiliki kartu berurutan apapun jenis kartunya baik wajik, sekop, hati maupun keriting. Apabila terdapat 2 atau lebih pemenang yang memiliki kombinasi nilai tersebut maka pemenangnya yaitu pemain yang memiliki nilai paling tinggi atau paring belakang dari urutan yang terakhir. Dalam permainan aturan 5 kartu ada beberapa kombinasi diantaranya adalah
  • Flush

Pada aturan ini nilai atau angka tidak dipersoalkan tetapi yang menjadi penilaian adalah jenis kartu. Pada kartu capsa memiliki beberapa jenis kartu diantranya adalah sekop, hati, keriting dan wajik. Dimana nilai yang paling tinggi adalah sekop dan nilai terendah adalah wajik.

  • Pollo

Yang dimaksud pollo adalah dalam permainan dapat dilakukan dengan cara  mengkombinasikan 3 kartu ( threes ) dengan 2 kartu ( pair ). Yang paling tinggi adalah sebagai pemenang.

  • Pitting atau bom

adalah kombinasi kartu dengan jumlah lima dimana 4 kartu adalah sama dengan 1 kartu yang berbeda. Ketika bermain menggunakan aturan satu kartu nilai tertinggi adalah 2 sekop, namun kartu ini dapat dikalahkan oleh bom, jika pemain sebelumnya mengeluarkan 2 sekop dan kemudian pemain setelahnya mengeluarkan bom maka pemain sebelumnya langsung kalah dalam permainan.  

  • Seri flush

 adalah dimana harus diperhatikan jenis kartu dan urutannya. Nilai urutan 5 kombinasi kartu jika dikombinasikan dan saling berlawanan maka keterangannya adalah sebagai berikut : seri lebih rendah jika dibandaingkan dengan flush, flush lebih rendah jika dibandingkan dengan pollo, dan pollo lebih rendah jika dilawan dengan seri flush.